Iqbal Anas

Kepala Sekolah SDIT Adzkia Bukittinggi Sumatera Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bukan Guru Biasa

Bukan Guru Biasa

Pagi itu waktu menunjukkan jam 6.50 menit, ketika sang guru sudah berdiri di gerbang masuk sekolah untuk menyambut anak didiknya yang satu persatu mulai berdatangan. Menyambut anak dipagi hari dengan penuh senyuman dan kasih sayang. Siap menerima mereka hari ini dengan segala persoalan yang mungkin dibawa dari rumah. Namun, diharapkan semua masalah itu akan hilang atau berkurang ketika sampai disekolah.

Mereka bukan guru biasa, karena tugas mereka bukan sekedar mengajar materi pelajaran dikelas. Tugas mereka yang paling penting menjadi teladan bagi siswa-siswanya. Menjadi panutan, contoh dan tempat curhat sekalian.

Membangun kedekatan emosional dengan anak, adalah salah satu kewajiban mereka. Sehingga anak benar-benar merasakan kenyamanan dan kedekatan dengan ustadzahnya (begitu biasa guru perempuan disekolah kami dipanggil).

Ternyata dalam psikologi pendidikan kedekatan anak dengan gurunya sangat berpengaruh kepada proses belajar yang dilakukan dikelas. Anak yang merasa nyaman dan dekat dengan gurunya kemungkinan lebih besar untuk berhasil dan berprestasi.

Oleh sebab itu, maka guru memang diharapkan punya cara tersendiri untuk bisa mendekati anak dan mendapatkan simpati dari mereka. Karena ketika mereka telah simpati dan nyaman, akan sangat mudah bagi guru untuk menanamkan nilai-nilai dan materi pelajaran tentu saja.

Disinilah tugas yang cukup berat bagi seorang guru dibandingkan tugas mengajar dan menyiapkan administrasi mengajar, membuat silabus, RPP dan sebagainya. Tugas mendidik dan membina, karena ini butuh energi lebih dan komitmen yang kuat. Butuh pengorbanan juga. Karena anak didik adalah mereka mereka yang sudah punya sumber daya hebat, potensi besar dalam dirinya yang siap dikembangkan dan dimaksimalkan dengan bimbingan dan didikan gurunya.

Menjadi guru biasa mungkin tidak terlalu sulit, namun menjadi guru yang luarbiasa, itulah harapan kita terhadap diri kita dan juga semua guru yang ada, agar lahir generasi generasi hebat di bangsa ini yang akan menjadi pemimpin masa depan. Semoga

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Insyaallah siap

04 Feb
Balas

mantap buk

04 Feb



search

New Post