Iqbal Anas

Kepala Sekolah SDIT Adzkia Bukittinggi Sumatera Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bagaimana Jika Mengalami Buntu Ide Menulis

Bagaimana Jika Mengalami Buntu Ide Menulis

Suatu hal yang lumrah, kalau suatu ketika kita mengalami masa-masa bad mood alias buntu ide dalam menulis. Apalagi karena dipaksa harus menulis setiap hari seperti #TantanganGurusiana. Kebuntuan bisa saja terjadi karena banyaknya kesibukan pekerjaan, banyaknya masalah yang harus diselesaikan dikantor, masalah keluarga, dan lain sebagainya . Hal hal tersebut bisa memuat kita kehilangan ide dalam menulis. ya kan?

Namun, jangan sampai putus asa para gurusiana semua. Jadikan msalah sebagai peluang. Justru hal itu peluang yang bagus untuk dijadikan ide-ide dalam menulis.

Sekedar berbagi pengalaman. Berikut mungkin hal-hal sederhana yang bisa dilakukan jika kita mengalami kebuntuan ide dalam menulis.

Pertama; tuliskan masalah yang sedang kita hadapi tersebut. Dengan menceritakan masalah yang sedang kita alami, maka secara tidak sadar kita sudah menulis dan membuat tulisan, bahkan mungkin akan bisa menjadi buku kalau masalah yang kita alami itu sangat komplek dan membutuhkan penyelesaian yang rumit. Bahkan bisa-bisa jadi disertasi atau tesis.

Sangat banyak penulis penulis terkenal yang kemudian menghasilkan karya-karya besar justru dari masalah-masalah yang dia alami dalam kehidupan sehari-hari.

Kedua, lakukan refreshing. Lakukan pekerjaan lain untuk menyegarkan pikiran dan kepenatan. Keluar dari rutinitas sehari-hari. Misalnya, pergi jalan-jalan ke pantai, bermain bersama keluarga, naik gunung dan sebagainya.

Ketika, Pergi ke toko buku, ini salah satu kegiatan favorit saya, jalan-jalan ke toko buku, melihat-melihat koleksi buku terbaru, baca-baca buku, kalau sudah capek pulang, hehehe. Dari perjalanan di toko buku tersebut, melihat-melihat buku karya orang lain, tentu saja akan muncul ide-ide baru dalam pikiran kita untuk dituliskan atau dikerjakan.

Semoga bermanfaat, Selamat mencoba. Terima kasih

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

trimakasih..mau mencoba aah..salam

07 Feb
Balas

salam juga pak, terima kasih

10 Feb

Trima kasih Pak infonya...

07 Feb
Balas

sama sama buk

10 Feb



search

New Post