Iqbal Anas

Kepala Sekolah SDIT Adzkia Bukittinggi Sumatera Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Agama dan Pancasila
Masjid Raya Sumbar

Agama dan Pancasila

Hari-hari ini kita cukup dikagetkan oleh pernyataan seorang tokoh yang mengatakan kalau boleh jujur, musuh utama pancasila itu adalah agama. Jleb sebuah pernyataan yang sangat berani yang dilontarkan oleh seorang yang notabene rektor sebuah perguruan tinggi islam.

Ada apa sebenarnya yang terjadi? benar kah agama dan pancasila bermusuhan? apa benar musuh terbesar pancasila itu adalah agama? ini perlu kita renungkan bersama.

Dalam sila pertama Pancasila disebutkan Ketuhanan Yang Maha Esa. ini adalah konsep dan pondasi agama yang diatur secara legal karena tercantum dalam dasar negara pancasila.

Bisa jadi perilaku-perilaku pemeluk agama yang kemudian menjadi penyebab rusaknya agama. Perilaku tidak jujur, korupsi, kejahatan, kehidupan yang menyimpang, LGBT, perzinaan, mabuk-mabukan, judi, merajalelanya riba, dan sebagainya adalah bentuk-bentuk perilaku penyimpanan yang dilakukan oleh pemeluk agama dalam kehidupan.

Agama dan pancasila sesungguhnya sejalan dan tidak bertentangan satu sama lain. Jika pemeluk agama menjalankan ajaran agamanya dengan baik, maka secara otomatis dia sudah menjalankan norma-norma pancasila juga. Tidak ada yang bertentangan apalagi bermusuhan. Karena hakekatnya, pendiri bangsa ini dan perumus pancasila sesungguhnya adalah mereka-mereka yang beragama, memiliki pemahaman agama yang baik dan menjalankan ajaran agama dengan baik juga. Sehingga, tentu saja tidak mungkin para pendiri bangsa ini dalam merumuskan pancasila kemudian membuat norma-norma yang yang bertentangan dengan agama, atau bertentangan dengan pancasila. Tidak mungkinlah.

Jadi, sudahilah membuat sensasi yang sangat basi, sekedar untuk mencari populariti atau hanya untuk sesuap nasi.

Terima kasih

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post